PT.
Coca - Cola
MANAJEMEN
UMUM
DOSEN
Benni Purba, SE, S Kom, M.Si
Benni Purba, SE, S Kom, M.Si
Di susun Oleh
1.
HARI MAHDALENA 15211010
SEKOLAH TINGGI IMU
KOMPUTER MEDAN
(STIKOM MEDAN)
T.A 2016/2017
(STIKOM MEDAN)
T.A 2016/2017
KATA PENGANTAR
Puji syukur
saya panjatkan kehadirat tuhan yang maha esa. Atas rahmat dan hidayahnya saya
telah berhasil menyelesaikan makalah yang berjudul dan Makalah ini disusun
sebagai salah satu tugas mata kuliah PT COCA-COLA.
Makalah ini dibuat dalam rangka
memperdalam wawasan tentang struktur organisasi yang sangat diperlukan
untuk menyelesaikan masalah dan merupakan tujuan utama dalam Manajemen Umum,
sehingga dengan cara cepat masalah dapat teratasi.
Dalam penyelesaian makalah ini saya
tidak lupa menyampaikan terima kasih yang tidak terhingga kepada kedua orang
tua saya, karena mereka sudah memberikan dukungan moral maupun material.
Saya menyadari bahwa masih ada
kekurangan dari Penulisan Makalah yang saya buat, maka dari itu kritik dan
saran saya butuhkan untuk memperbaiki makalah yang saya buat sehingga menjadi
lebih baik.
Semoga makalah ini bisa memberikan
manfaat bagi saya dan pembaca.
Hormat saya,
Penulis
HARI MAHDALENA
15211010
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
DAFTAR ISI
BAB I PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang 1
B.
Rumusan
Masalah 1
C.
Tujuan
Masalah 1
BAB II PEMBAHASAN
A.
Sejarah 3
B.
Misi
Dan Misi 4
C.
Struktur
Organisasi 5
BAB III PENUTUP
A.
Kesimpulan 9
B.
Saran 9
DAFTAR PUSTAKA
BAB I
PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG
Hampir seluruh
lapisan masyarakat dunia pernah mengkonsumsi minuman bersoda, minuman ringan
atau soft drink. Berbagai produk
minuman berkarbonasi telah diproduksi dan dipasarkan diseluruh belahan dunia
ini. Sebut saja produk-produk seperti: Pepsi, Coca Cola, Sprite, Fanta, 7up,
A&W Root Beer, Sunkist, Dry Ginger Ale, Dr. Pepper, dsb. Mereka adalah
produk-produk global yang telah meramaikan peta persaingan dunia untuk kategori
minuman ringan atau soft drink sejak
lama. Dengan berbagai strategi pemasaran yang dijalankan oleh masing-masing
perusahaan, produk-produk tersebut hingga saat ini mampu bertahan menghadapi
persaingan harga, distribusi, maupun hadirnya produk-produk baru dengan promosi
yang gencar serta rela mengeluarkan biaya besar untuk mendanai promosinya demi
mendapatkan posisi pasar. Akan tetapi dominasi pasar minuman berkarbonasi di
dunia sejak puluhan tahun yang lalu telah dikuasai oleh produk global dengan
nama besar yaitu Coca Cola. Data Top
Brand Index2013 untuk kategori minuman bersoda, Coca Cola telah berhasil
menjadi market leader dengan market
share yaitu sebesar 32,9%. Pada posisi kedua ditempati oleh Fanta dengan market
share sebanyak 31,5%, sedangkan Sprite sebanyak 19,3%.
Di Indonesia,
menurut Asosiasi Industri Minuman Ringan (ASRIM), pada tahun 2011 pangsa pasar
minuman bersoda dengan pemanis mencapai 3,8% . Sedangkan untuk minuman air
mineral dalam kemasan dan teh siap saji jauh lebih tinggi yaitu 84% dan 89%.
Pasar minuman ringan di Indonesia pada tahun 2013 diprediksikan tumbuh 10%-11%
dibanding tahun 2012. Kenaikan tersebut ditopang oleh volume konsumsi. Sebagai
perbandingan, di Thailand persentase konsumsi masyarakatnya mencapai 30%-40%.
Sementara Indonesia hanya 4% yang dikuasai oleh produk-produk Coca-Cola dengan market share sebesar 96%.
B. RUMUSAN MASALAH
Berdasarkan
latar belakang masalah di atas, maka penulis mencoba merumuskan masalah sbb:
1.
Sejerah perusahan coca cola?
2.
Apa visi dan misi perusahan coca cola?
3.
Strategi apa yg digunakan oleh perusahan coca cola?
4.
Analisis swot perusan coca cola?
C. TUJUAN
MASALAH
1.
Perusahan coca cola menjadi acuan tambahan dalam pemahaman mahasiswa tentang
global marketing
2.
Memahami unsur-unsur ekonomi yang ada dalam perusahan coca cola
3.
Menambah wawasan mahasiswa
4.
Terciptanya mahasiswa yg kreatif dan inovatif dalam bidang global marketing
BAB II
PEMBAHASAN
A. SEJARAH
Coca-Cola
pertama kali diperkenalkan pada tanggal 8 Mei 1886 oleh John Styth Pemberton, seorang ahli
farmasi dari Atlanta, Georgia, Amerika Serikat. Dialah yang pertama kali
mencampur sirup karamel yang kemudian dikenal sebagai Coca-Cola. Frank M.
Robinson, sahabat sekaligus akuntan John, menyarankan nama Coca-Cola karena
berpendapat bahwa dua huruf C akan tampak menonjol untuk periklanan. Kemudian,
ia menciptakan nama dengan huruf-huruf miring mengalir, Spencer, dan lahirlah
logo paling terkenal di dunia.
Chandler piawai dalam menciptakan
perhatian konsumen dengan cara membuat berbagai macam benda-benda cinderamata
berlogo Coca-Cola. Benda-benda tersebut kemudian dibagi-bagi di lokasi-lokasi
penjualan penting yang berkesinambungan. Gaya periklanan yang inovatif, seperti
desain warna-warni untuk bus, lampu gantung hias dari kaca, serta serangkaian
cinderamata seperti kipas, tanggalan dan jam dipakai untuk memasyarakatkan nama
Coca-Cola dan mendorong penjualan.
Upaya mengiklankan merek Coca-Cola ini
pada mulanya tidak mendorong penggunaan kata Coke, bahkan konsumen dianjurkan
untuk membeli Coca-Cola dengan kata-kata berikut: "Mintalah Coca-Cola
sesuai namanya secara lengkap; nama sebutan hanya akan mendorong penggantian
produk dengan kata lain". Tetapi konsumen tetap saja menghendaki Coke, dan
akhirnya pada tahun 1941, perusahaan mengikuti selera popular pasar. Tahun itu
juga, nama dagang Coke memperoleh pengakuan periklanan yang sama dengan
Coca-Cola, dan pada tahun 1945, Coke resmi menjadi merek dagang terdaftar.
B.
VISI DAN MISI
PengertianVisidanMisi
·
Visi adalah suatu pandangan jauh tentang perusahaan, tujuan - tujuan perusahaan
dan apa yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut pada masa yang akan
datang. Visi itu tidak dapat dituliskan secara lebih jelas menerangkan detail
gambaran sistem yang ditujunya, dikarenakan perubahan ilmu serta situasi yang
sulit diprediksi selama masa yang panjang tersebut.
Visi
dan misi perusahaan
Coca-Cola Amatil Indonesia (CCAI) telah beroperasi di
Indonesia sejak tahun 1992 dan menyediakan semua varian produk perusahaan,
termasuk air minum dalam kemasan botol di seluruh bagian negara, kecuali
Sulawesi Utara. CCAI memiliki dan mengoperasikan 9 pabrik pembotolan yang
terletak di Cibitung, Cikedokan, Bandung, Semarang, Surabaya, Bali, Medan,
Padang, dan Lampung. Fasilitas pembotolan di Menado, Sulawesi Utara saat ini
dioperasikan oleh Bangun Wenang Beverages Company (BWBC) milik keluarga
Thenoch.
BWBC kini berinvestasi dalam menggandakan kapasitas produksi
yang ada untuk melayani pasar yang berkembang pesat di Sulawesi Utara. Dalam
sistem kami juga terdapat Commercial Product Supply Indonesia (CPS), yang
berfokus pada produksi bahan dasar minuman untuk pabrik pembotolan. Selain
Indonesia, CPS juga mengekspor produknya ke negara-negara tetangga seperti
Singapura, Australia, New Zealand, Kamboja, Vietnam, dan Thailand. Selain itu,
ada pula The Coca-Cola Company, pemilik merek dagang dan penyedia konsentrat
produk-produk Coca-Cola bagi mitra pembotolan lokal. Sedangkan kantor layanan
lokal, Coca-Cola Indonesia (CCI), berfokus pada pemasaran merek perusahaan di
Indonesia.
·
VISI:
“Menjadi perusahaan produsen minuman terbaik di Asia Tenggara”.
·
MISI:
“Memberikan kesegaran kepada pelanggan dan konsumen kita dengan rasa bangga dan
semangat sepanjang hari, setiap hari.”
Agar dapat memenuhi visi dan misinya, cara kerja perusahaan
dan cara berhubungan dengan semua pihak yang memiliki kepentingan atas
Perusahaan mulai dari konsumen dan pelanggan hingga ke pemasok, terhadap
pemerintah dan dari perusahaan itu sendiri harus dibangun atas dasar
nilai-nilai yang kuat. Bertumpu pada dasar kejujuran dan integritas,
nilai-nilai perusahaan antara lain:
1. SumberDaya Manusia : Mengembangkan
Sumber Daya Manusia, menghargai prestasi serta menikmati apa yang kita lakukan.
2. Pelanggan : Menang untuk pelanggan dan untuk diri sendiri
3. Semangat : Semangat untuk bertindak, bertanggung jawab dan
sukses.
4. Inovasi : Selalu mencari yang lebih
baik
5. Keunggulan : Senantiasa melakukan
pekerjaan yang terbaik.
6. Warga Negara yang Baik : Melakukan
hal yang benar dari Perusahaan, masyarakat dan sesama. Kita diharuskan untuk
memelihara nilai-nilai perusahaan dengan selalu mempertahankan standar dalam
berperilaku.
C. STRUKTUR
ORGANISASI COCA-COLA
PT.coca cola bottling Indonesia-jawa barat adalah perusahaan
yang bergerak dibidang pembotolan dan pendistribusian minuman ringan bermerek
coca cola spite, Fanta, fresti, ades, dll. Untuk menjaga mutu minuman yang
dihasilakan sesuai dengan proses produksi yang diakui secara internasional.
Sementara itu untuk penditribusian produk-produk tersebut dilakuan secara khusus
oleh perusahaan. Didalam menjalankan perusahaan ini tentulah didukung oleh
seluruh karyawan yang menciptakan suatu tata kerja yang paling baik, teratur,
dan rapi sebagai alat alat pencapaian tujuan yang telah ditetapkan dan digaris
oleh perusahaan sebelumnya. Salah satu cara untuk menciptakan suatu tata kerja
yang baik, teratur, dan rapi adalah dengan menyususn struktur organisasi
perusahan sebagai hierarki dalam pemisahan tugas, tanggung jawab, dan wewenang
yang jelas dan tegas pada setiap bagian yang ada didalam perusahaan.
Pimpinan tertinggi dari PT. Coca-cola Botling Indonesia Unit
Jawa Barat di pegang oleh General Manager. General Mnager ini membawahi dua
perusahaan , yaitu PT. Coca-cola Bottling Indonesia Unit Jawa Barat sebagai
perusahaan pembotolan dan PT.Coca-cola Distributor Indonesia Unit Jawa Barat
sebagai pemasaran produknya untuk wilayah jawa barat dan sekitarnya. General
Manager bertugas sebagai perencana fungsi organisasi serta wakil perusahaan
untuk berhubungan dengan dunia luar perusahaan, masyarakat, dan pemerintah. Di
kedua perusahaan tersebut, General Manager membawahi langsung enam manager yang
memimpin masing-masing departemen ,yaitu Finance Manager, Human Resources
Manager yang membawahi Public Relations Manager, Genera sales, Business Service
manager, Technical Operation. Setiap Manager departemen membawahi seorang atau
beberapa supervisor atau officer.
STRUKTUR
ORGANISASI PT COCA COLA
PERECANAAN
PENERIMAAN PEGAWAI PT COCACOLA
TANGGAL
|
10
|
11
|
12
|
13
|
14
|
15
|
16
|
17
|
18
|
19
|
20
|
PENERIMAAN DATA
PELAMAR
|
●
|
●
|
●
|
|
|
|
|
|
|
|
|
INTERVIEW I
|
|
|
|
|
●
|
|
|
|
|
|
|
PSIKOTES
|
|
|
|
|
|
●
|
|
|
|
|
|
INTERVIEW II
|
|
|
|
|
|
|
|
●
|
|
|
|
INTERVIEW III
|
|
|
|
|
|
|
|
|
●
|
|
|
HASIL PENILAIAN
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
●
|
10 JANUARI-20 JANUARI
2017
SYARAT-SYARAT
PEKERJA
Kualifikasi umum :
Tinggi badan Pria 165cm & Wanita
155cm
Tidak bertato,tindik dan buta warna
Memiliki KTP
Surat kelakuan baik (SKCK)
Surat lamaran tulis tangan
Foto 3x4 (2 lembar)
Konfirmasi undangan Interview kerja bagi
yang sesuai kualifikasi
Lowongan Kerja PT.Coca-Cola Amatil
Indonesia
Persiapkan Berkas Lamaran Sebagai
Berikut :
Lampiran Dokumen :
Surat Lamaran Kerja
Riwayat Hidup
Fotocopy Ijazah
Fotocopy SKHUN
Fotocopy KTP
Fotocopy SKCK
Fotocopy Surat keterangan sehat
Fotocopy NPWP
Pas foto 2x3 dan 4x6 (masing-masing
2lembar)
Dan dokumen lainnya
DESKRIPSI
JABATAN/URAIAN JABATAN
Tugas dan wewenang bagian dari setiap
jabatan
*Managing Manager: Bertanggung jawab
kepada para pemegang saham dalam kebijaksanaan (policy) dalam mencapai tujuan
dengan mengambil keputusan dari laporan dan analisa para director secara cepat.
*Marketing Director: Bertanggung jawab
kepada Managing Manager terhadap semua aktivitas Marketing Manager dalam
menangani sub divisi Coca Cola, sub divisi Diet Coke, sub divisi Coca cola
Zero, sub divisi Fanta, sub divisi Sprite, sub divisi Frestea, dan sub divisi
Ades.
*Marketing Manager: Bertanggung jawab
untuk menangani segala aktivitas yang dijalankan oleh masing - masing sub
divisi. Seperti, sub divisi Coca Cola, sub divisi Diet Coke, sub divisi Coca
cola Zero, sub divisi Fanta, sub divisi Sprite, sub divisi Frestea, dan sub
divisi Ades.
*Finance Director: Bertanggung jawab dan
mengawasi atas penggunaan dana perusahaan.
*Technical Director: Bertanggung jawab
atas kegiatan produksi pada perusahaan, mengatur keseimbangan antara
investasi dan produksi.
*Coorp. Affair's Director: Membela
produk yang menghadapi masalah publik.
*HRD Director: Mengatur masalah
administrasi yang berkaitan dengan masalah karyawan / ketenagakerjaan seperti
pengangkatan pegawai baru, pelatihan karyawan, pemberhentian karyawan dan
sebagainya.
*Brand Manager: Bertanggung jawab kepada
Marketing Manager dalam menangani produk "Coca Cola" dari segi
pemasaran, promosi distribusi, finansial, dan strategi pemasaran lainnya.
BAB III
PENUTUP
A.
KESIMPULAN
Perusahan coca cola adalah perusahan
yang diperkenalkan olehseorang ahli farmasi dari Atlanta, Georgia, Amerika
Serikat yaitu “John Styth
Pemberton”pada tanggal 8 Mei 1886. Yang memasarkan berbagai
minuman ringan Dan perusahan inipun memiliki berbagai macam strategi yang dapat digunakan dalam
prodaknya di seluruh dunia
Namun selepas dari itu perusahan coca
cola pun juga memiliki kelebihan dan kekurangan.
B.
SARAN
tampa adanya kritik dan saran yang membangun dari
berbagai pihak Sungguh makalah ini akan jauh dari kata sempurna, dan oleh karna
itu kritik dan saran yang membangun sangat kami harapkan
DAFTAR PUSTKA
Tindik boleh asal gak pakai anting waktu kerja,karna kenakalan remaja &trend anak muda pada jamannya, sorry aku juga pakai tindik, terlanjur
BalasHapusKeren..
BalasHapusHarrah's Reno Hotel & Casino - MapyRO
BalasHapusHarrah's Reno Hotel 광양 출장샵 & Casino. 순천 출장샵 3121 1xbet korean Harrah's Blvd, Reno, NV 89449. (775) 정읍 출장샵 951-2960. 인천광역 출장안마 Call Now · View customer reviews, hours, directions,