Senin, 24 Juli 2017

Struktur Organisasi PT. Coca - Cola



PT. Coca - Cola
MANAJEMEN UMUM
DOSEN
Benni Purba, SE, S Kom, M.Si


Di susun Oleh

1.    HARI MAHDALENA                 15211010













 


SEKOLAH TINGGI IMU KOMPUTER MEDAN
 (STIKOM MEDAN)
T.A 201
6/2017

KATA PENGANTAR
Puji syukur saya panjatkan kehadirat tuhan yang maha esa. Atas rahmat dan hidayahnya saya telah berhasil menyelesaikan makalah yang berjudul dan Makalah ini disusun sebagai salah satu tugas mata kuliah PT COCA-COLA.
Makalah ini dibuat dalam rangka memperdalam  wawasan tentang struktur organisasi yang sangat diperlukan untuk menyelesaikan masalah dan merupakan tujuan utama dalam Manajemen Umum, sehingga dengan cara cepat masalah dapat teratasi.
Dalam penyelesaian makalah ini saya tidak lupa menyampaikan terima kasih yang tidak terhingga kepada kedua orang tua saya, karena mereka sudah memberikan dukungan moral maupun material.
Saya menyadari bahwa masih ada kekurangan dari Penulisan Makalah yang saya buat, maka dari itu kritik dan saran saya butuhkan untuk memperbaiki makalah yang saya buat sehingga menjadi lebih baik.
Semoga makalah ini bisa memberikan manfaat bagi saya dan pembaca.



                
                                                                                                                 Hormat saya,
                                                                                    Penulis



                                                                                                            HARI MAHDALENA
                                                                                                                        15211010












DAFTAR ISI


KATA PENGANTAR

DAFTAR ISI



BAB I PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang                                                                        1
B.     Rumusan Masalah                                                                   1
C.     Tujuan Masalah                                                                       1

BAB II PEMBAHASAN
A.     Sejarah                                                                                     3
B.     Misi Dan Misi                                                                          4
C.     Struktur Organisasi                                                                  5
BAB III PENUTUP
A.     Kesimpulan                                                                             9
B.     Saran                                                                                       9

DAFTAR PUSTAKA










 
BAB I
PENDAHULUAN


A.    LATAR BELAKANG
Hampir seluruh lapisan masyarakat dunia pernah mengkonsumsi minuman bersoda, minuman ringan atau soft drink. Berbagai produk minuman berkarbonasi telah diproduksi dan dipasarkan diseluruh belahan dunia ini. Sebut saja produk-produk seperti: Pepsi, Coca Cola, Sprite, Fanta, 7up, A&W Root Beer, Sunkist, Dry Ginger Ale, Dr. Pepper, dsb. Mereka adalah produk-produk global yang telah meramaikan peta persaingan dunia untuk kategori minuman ringan atau soft drink sejak lama. Dengan berbagai strategi pemasaran yang dijalankan oleh masing-masing perusahaan, produk-produk tersebut hingga saat ini mampu bertahan menghadapi persaingan harga, distribusi, maupun hadirnya produk-produk baru dengan promosi yang gencar serta rela mengeluarkan biaya besar untuk mendanai promosinya demi mendapatkan posisi pasar. Akan tetapi dominasi pasar minuman berkarbonasi di dunia sejak puluhan tahun yang lalu telah dikuasai oleh produk global dengan nama besar yaitu Coca Cola. Data Top Brand Index2013 untuk kategori minuman bersoda, Coca Cola telah berhasil menjadi market leader dengan market share yaitu sebesar 32,9%. Pada posisi kedua ditempati oleh Fanta dengan market share sebanyak 31,5%, sedangkan Sprite sebanyak 19,3%.
Di Indonesia, menurut Asosiasi Industri Minuman Ringan (ASRIM), pada tahun 2011 pangsa pasar minuman bersoda dengan pemanis mencapai 3,8% . Sedangkan untuk minuman air mineral dalam kemasan dan teh siap saji jauh lebih tinggi yaitu 84% dan 89%. Pasar minuman ringan di Indonesia pada tahun 2013 diprediksikan tumbuh 10%-11% dibanding tahun 2012. Kenaikan tersebut ditopang oleh volume konsumsi. Sebagai perbandingan, di Thailand persentase konsumsi masyarakatnya mencapai 30%-40%. Sementara Indonesia hanya 4% yang dikuasai oleh produk-produk Coca-Cola dengan market share sebesar 96%.




B.     RUMUSAN MASALAH
Berdasarkan latar belakang masalah di atas, maka penulis mencoba merumuskan masalah sbb:
1.    Sejerah perusahan coca cola?
2.    Apa visi dan misi perusahan coca cola?
3.    Strategi apa yg digunakan oleh perusahan coca cola?
4.    Analisis swot perusan coca cola?


C.    TUJUAN MASALAH
1.    Perusahan coca cola menjadi acuan tambahan dalam pemahaman mahasiswa tentang global marketing
2.    Memahami unsur-unsur ekonomi yang ada dalam perusahan coca cola
3.    Menambah wawasan mahasiswa
4.    Terciptanya mahasiswa yg kreatif dan inovatif dalam bidang global marketing

















BAB II
PEMBAHASAN


A.    SEJARAH
Coca-Cola pertama kali diperkenalkan pada tanggal 8 Mei 1886 oleh John Styth Pemberton, seorang ahli farmasi dari Atlanta, Georgia, Amerika Serikat. Dialah yang pertama kali mencampur sirup karamel yang kemudian dikenal sebagai Coca-Cola. Frank M. Robinson, sahabat sekaligus akuntan John, menyarankan nama Coca-Cola karena berpendapat bahwa dua huruf C akan tampak menonjol untuk periklanan. Kemudian, ia menciptakan nama dengan huruf-huruf miring mengalir, Spencer, dan lahirlah logo paling terkenal di dunia.
Chandler piawai dalam menciptakan perhatian konsumen dengan cara membuat berbagai macam benda-benda cinderamata berlogo Coca-Cola. Benda-benda tersebut kemudian dibagi-bagi di lokasi-lokasi penjualan penting yang berkesinambungan. Gaya periklanan yang inovatif, seperti desain warna-warni untuk bus, lampu gantung hias dari kaca, serta serangkaian cinderamata seperti kipas, tanggalan dan jam dipakai untuk memasyarakatkan nama Coca-Cola dan mendorong penjualan.
Upaya mengiklankan merek Coca-Cola ini pada mulanya tidak mendorong penggunaan kata Coke, bahkan konsumen dianjurkan untuk membeli Coca-Cola dengan kata-kata berikut: "Mintalah Coca-Cola sesuai namanya secara lengkap; nama sebutan hanya akan mendorong penggantian produk dengan kata lain". Tetapi konsumen tetap saja menghendaki Coke, dan akhirnya pada tahun 1941, perusahaan mengikuti selera popular pasar. Tahun itu juga, nama dagang Coke memperoleh pengakuan periklanan yang sama dengan Coca-Cola, dan pada tahun 1945, Coke resmi menjadi merek dagang terdaftar.







B.     VISI DAN MISI

PengertianVisidanMisi
·         Visi adalah suatu pandangan jauh tentang perusahaan, tujuan - tujuan perusahaan dan apa yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut pada masa yang akan datang. Visi itu tidak dapat dituliskan secara lebih jelas menerangkan detail gambaran sistem yang ditujunya, dikarenakan perubahan ilmu serta situasi yang sulit diprediksi selama masa yang panjang tersebut.
Visi dan misi perusahaan
Coca-Cola Amatil Indonesia (CCAI) telah beroperasi di Indonesia sejak tahun 1992 dan menyediakan semua varian produk perusahaan, termasuk air minum dalam kemasan botol di seluruh bagian negara, kecuali Sulawesi Utara. CCAI memiliki dan mengoperasikan 9 pabrik pembotolan yang terletak di Cibitung, Cikedokan, Bandung, Semarang, Surabaya, Bali, Medan, Padang, dan Lampung. Fasilitas pembotolan di Menado, Sulawesi Utara saat ini dioperasikan oleh Bangun Wenang Beverages Company (BWBC) milik keluarga Thenoch.
BWBC kini berinvestasi dalam menggandakan kapasitas produksi yang ada untuk melayani pasar yang berkembang pesat di Sulawesi Utara. Dalam sistem kami juga terdapat Commercial Product Supply Indonesia (CPS), yang berfokus pada produksi bahan dasar minuman untuk pabrik pembotolan. Selain Indonesia, CPS juga mengekspor produknya ke negara-negara tetangga seperti Singapura, Australia, New Zealand, Kamboja, Vietnam, dan Thailand. Selain itu, ada pula The Coca-Cola Company, pemilik merek dagang dan penyedia konsentrat produk-produk Coca-Cola bagi mitra pembotolan lokal. Sedangkan kantor layanan lokal, Coca-Cola Indonesia (CCI), berfokus pada pemasaran merek perusahaan di Indonesia.
·         VISI: “Menjadi perusahaan produsen minuman terbaik di Asia Tenggara”.
·         MISI: “Memberikan kesegaran kepada pelanggan dan konsumen kita dengan rasa bangga dan semangat sepanjang hari, setiap hari.”
Agar dapat memenuhi visi dan misinya, cara kerja perusahaan dan cara berhubungan dengan semua pihak yang memiliki kepentingan atas Perusahaan mulai dari konsumen dan pelanggan hingga ke pemasok, terhadap pemerintah dan dari perusahaan itu sendiri harus dibangun atas dasar nilai-nilai yang kuat. Bertumpu pada dasar kejujuran dan integritas, nilai-nilai perusahaan antara lain:
1.      SumberDaya Manusia : Mengembangkan Sumber Daya Manusia, menghargai prestasi serta menikmati apa yang kita lakukan.
2.       Pelanggan : Menang untuk pelanggan dan untuk diri sendiri
3.       Semangat : Semangat untuk bertindak, bertanggung jawab dan sukses.
4.      Inovasi : Selalu mencari yang lebih baik
5.        Keunggulan : Senantiasa melakukan pekerjaan yang terbaik.
6.      Warga Negara yang Baik : Melakukan hal yang benar dari Perusahaan, masyarakat dan sesama. Kita diharuskan untuk memelihara nilai-nilai perusahaan dengan selalu mempertahankan standar dalam berperilaku.

C.    STRUKTUR ORGANISASI COCA-COLA
PT.coca cola bottling Indonesia-jawa barat adalah perusahaan yang bergerak dibidang pembotolan dan pendistribusian minuman ringan bermerek coca cola spite, Fanta, fresti, ades, dll. Untuk menjaga mutu minuman yang dihasilakan sesuai dengan proses produksi yang diakui secara internasional. Sementara itu untuk penditribusian produk-produk tersebut dilakuan secara khusus oleh perusahaan. Didalam menjalankan perusahaan ini tentulah didukung oleh seluruh karyawan yang menciptakan suatu tata kerja yang paling baik, teratur, dan rapi sebagai alat alat pencapaian tujuan yang telah ditetapkan dan digaris oleh perusahaan sebelumnya. Salah satu cara untuk menciptakan suatu tata kerja yang baik, teratur, dan rapi adalah dengan menyususn struktur organisasi perusahan sebagai hierarki dalam pemisahan tugas, tanggung jawab, dan wewenang yang jelas dan tegas pada setiap bagian yang ada didalam perusahaan.
Pimpinan tertinggi dari PT. Coca-cola Botling Indonesia Unit Jawa Barat di pegang oleh General Manager. General Mnager ini membawahi dua perusahaan , yaitu PT. Coca-cola Bottling Indonesia Unit Jawa Barat sebagai perusahaan pembotolan dan PT.Coca-cola Distributor Indonesia Unit Jawa Barat sebagai pemasaran produknya untuk wilayah jawa barat dan sekitarnya. General Manager bertugas sebagai perencana fungsi organisasi serta wakil perusahaan untuk berhubungan dengan dunia luar perusahaan, masyarakat, dan pemerintah. Di kedua perusahaan tersebut, General Manager membawahi langsung enam manager yang memimpin masing-masing departemen ,yaitu Finance Manager, Human Resources Manager yang membawahi Public Relations Manager, Genera sales, Business Service manager, Technical Operation. Setiap Manager departemen membawahi seorang atau beberapa supervisor atau officer.

STRUKTUR ORGANISASI PT COCA COLA







PERECANAAN PENERIMAAN PEGAWAI PT COCACOLA
TANGGAL
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
PENERIMAAN DATA PELAMAR








INTERVIEW I










PSIKOTES










INTERVIEW II










INTERVIEW III










HASIL PENILAIAN










10 JANUARI-20 JANUARI 2017

SYARAT-SYARAT PEKERJA
Kualifikasi umum :
Tinggi badan Pria 165cm & Wanita 155cm
Tidak bertato,tindik dan buta warna
Memiliki KTP
Surat kelakuan baik (SKCK)
Surat lamaran tulis tangan
Foto 3x4 (2 lembar)

Konfirmasi undangan Interview kerja bagi yang sesuai kualifikasi
Lowongan Kerja PT.Coca-Cola Amatil Indonesia
Persiapkan Berkas Lamaran Sebagai Berikut :

Lampiran Dokumen :
Surat Lamaran Kerja
Riwayat Hidup
Fotocopy Ijazah
Fotocopy SKHUN
Fotocopy KTP
Fotocopy SKCK
Fotocopy Surat keterangan sehat
Fotocopy NPWP
Pas foto 2x3 dan 4x6 (masing-masing 2lembar)
Dan dokumen lainnya

DESKRIPSI JABATAN/URAIAN JABATAN

Tugas dan wewenang bagian dari setiap jabatan
*Managing Manager: Bertanggung jawab kepada para pemegang saham dalam kebijaksanaan (policy) dalam mencapai tujuan dengan mengambil keputusan dari laporan dan analisa para director secara cepat.
*Marketing Director: Bertanggung jawab kepada Managing Manager terhadap semua aktivitas Marketing Manager dalam menangani sub divisi Coca Cola, sub divisi Diet Coke, sub divisi Coca cola Zero, sub divisi Fanta, sub divisi Sprite, sub divisi Frestea, dan sub divisi Ades.
*Marketing Manager: Bertanggung jawab untuk menangani segala aktivitas yang dijalankan oleh masing - masing sub divisi. Seperti, sub divisi Coca Cola, sub divisi Diet Coke, sub divisi Coca cola Zero, sub divisi Fanta, sub divisi Sprite, sub divisi Frestea, dan sub divisi Ades.
*Finance Director: Bertanggung jawab dan mengawasi atas penggunaan dana perusahaan.
*Technical Director: Bertanggung jawab atas kegiatan produksi pada perusahaan, mengatur keseimbangan antara investasi  dan produksi.
*Coorp. Affair's Director: Membela produk yang menghadapi masalah publik.
*HRD Director: Mengatur masalah administrasi yang berkaitan dengan masalah karyawan / ketenagakerjaan seperti pengangkatan pegawai baru, pelatihan karyawan, pemberhentian karyawan dan sebagainya.
*Brand Manager: Bertanggung jawab kepada Marketing Manager dalam menangani produk "Coca Cola" dari segi pemasaran, promosi distribusi, finansial, dan strategi pemasaran lainnya.






BAB III
PENUTUP


A.    KESIMPULAN
Perusahan coca cola adalah perusahan yang diperkenalkan olehseorang ahli farmasi dari Atlanta, Georgia, Amerika Serikat yaitu “John Styth Pemberton”pada tanggal 8 Mei 1886. Yang memasarkan berbagai minuman ringan Dan perusahan inipun memiliki berbagai  macam strategi yang dapat digunakan dalam prodaknya di seluruh dunia
Namun selepas dari itu perusahan coca cola pun juga memiliki kelebihan dan kekurangan.

B.     SARAN
tampa adanya kritik dan saran yang membangun dari berbagai pihak Sungguh makalah ini akan jauh dari kata sempurna, dan oleh karna itu kritik dan saran yang membangun sangat kami harapkan



DAFTAR PUSTKA



3 komentar:

  1. Tindik boleh asal gak pakai anting waktu kerja,karna kenakalan remaja &trend anak muda pada jamannya, sorry aku juga pakai tindik, terlanjur

    BalasHapus
  2. Harrah's Reno Hotel & Casino - MapyRO
    Harrah's Reno Hotel 광양 출장샵 & Casino. 순천 출장샵 3121 1xbet korean Harrah's Blvd, Reno, NV 89449. (775) 정읍 출장샵 951-2960. 인천광역 출장안마 Call Now · View customer reviews, hours, directions,

    BalasHapus